Rabu, 23 Oktober 2013

Komunitas Online


Profil Komunitas Online
salingsapa.com

                Salingsapa.com (berteman dalam Dakwah) adalah sarana silaturahmi, dakwah elektronik atau situs jejaring sosial yang bernuansa Islami. Salingsapa.com merupakan komunitas Muslim terbesar di Indonesia yang  dibuat oleh anak Siswa Menengah Pertama (SMP) kelas 7A Sekolah Alam Bandung , Jawa Barat bernama Muhammad Yahya Arlan berumur 13 tahun kelahiran 25 Juli tahun 1998. Awalnya, Muhammad Yahya Arlan tergerak ingin membuat jejaring sosial yang hampir sama dengan FB namun berbahasa Indonesia. Salingsapa.com dibuat dengan mengadopsi pola tampilan Facebook dengan alasan untuk memudahkan pengguna baru untuk menggunakannya. Hadirnya salingsapa.com telah memungkinkan siapa saja tidak ada batasan usia untuk mendaftarkan diri, dimana saja diseluruh dunia bisa belajar langsung dari Ulama – Ulama untuk memperkaya ilmu agama, mengajakan kebaikan, serta bertukar fikiran dengan para sahabat dan sebagainya.


 Jejaring Sosial ini resmi diluncurkan di Bandung pada 1 Muharam 1431 (18 Desember 2010) awalnya sejak diluncurkan hanya ada 3 orang yang online namun Yahya sudah sangat senang, hari demi hari dua minggu berlalu pengguna salingsapa.com sudah mencapai 5500 dan diakses oleh 47 negara di dunia. Namun situs jejaring sosial ini perkembangannya sangat pesat kini telah memiliki sekitar lebih dari 200.000 member yang tersebar di 52 negara di seluruh dunia, dengan hit sejumlah 2.300.000-an, dan diperkirakan akan terus meningkat ke depannya. Tetapi pernah ada kabar bahwa situs ala facebook ini tidak murni diciptakan siswa kelas 7A (1 SMP) Sekolah Alam Bandung. Tapi dibuat berdasarkan Jcow Social Networking Software Versi 4.2.1, dengan membeli atas sebuah program CMS - Content Management System, buatan Jcow. Yahya mengatakan : iya memang beli tapi saya mengembangkan dan juga mengelolanya. Fitur – fitur yang ada ide dari saya dan dibantu ayah yang kasih masukan.

Salingsapa.com pada beranda (homepage) akan menampilkan sebuah gambar ayo sedekah untuk kemanuasian dan berhati berbagi serta beranda didomisili warna hijau dan putih. Fitur Kedua : disamping beranda (homepage) ada fitur telusur gunanya untuk mencari member, cari Ulama, cari Masjid, cari Channel, serta cari Berita. Fitur Ketiga : berisi ulama yaitu akun salingsapa ulama besar seperti K. H. Muhammad Arifin Ilham, K.H Abdullah Gymnastiar, Yusuf Mansur, Bachtiar Nasir. Fitur Keempat : yaitu Masjid berisi akun suatu Masjid seperti Daarut Tauhiid Bandung dan Masjid Agung Sunda Kelapa. Fitur Kelima : salingsapa tv berisi live streaming Masjid Nabawi, dan terdapat pilahan channel dimana kita bisa memilih channel sesuai keinginan kita contohnya ada Live Masjidil Haram, Masjid Nurullaah, dan lain-lain. Dan salingsapa tv juga berisi video 24 jam, religi, inspirasi, tokoh dan kampus. Fitur Keenam : salingsapa radio yaitu live streaming radio mendengarkan secara lansung selama 24 jam serta kita bisa memilih radio lainnya seperti Abatasa Radio,  Radio Ma'had Al-Hidayah, Radio Aksi Cepat Tanggap, KH. Abdullah Gymnastiar Radio dan lainnya. Fitur Ketujuh : Blog digunakan untuk berbagi dan menulis cerita apapun khusunya bernuansa Islami, kategori blognya yaitu Tauhid, Sirah Nabi, Psikologi, Parenting, Muslimah Muamalah, Motivasi, Kisah, Kesehatan, Kajian Tafsir, Kajian Hadits, Inspirasi, dan Fiqh. Fitur Lainnya selain fitur Ketujuh itu yaitu Khazanah berisi artikel-artikel Islami seperti Umroh Note - 1, Umroh Note - 2, Umroh Note - 3, Umroh Note - 4, dan hal-hal yang merusak amal

Fitur lainnya untuk meregister atau daftar sebagai member kita diwajibkan mengisi email address, username, password, nama lengkap, Negara, serta kode Anti Spam. Setelah mengisi semuanya kita bisa menjadi member salingsapa.com. Ketika log in, ada fitur-fitur kurang lebih sama seperti Facebook yaitu dasbor/pengguna terletak diujung kiri berisi untuk menulis status atau membagikan sebuah link atau menambahkan foto. Notifikasi untuk berita baru dalam akun terlatak diatas ujung kiri.  Disamping kirinya berisi album, acara, pesan, catatan, teman-teman, blog, dan akun. Disamping ujung kiri dasbor atau fitur lain yaitu undang berisi ulama-ulama. Disamping kirinya lagi ada profil fiturnya adalah dinding, informasi, album foto, serta blog dan disamping kirinya berisi pengaturan profil. Disamping kirinya ada fitur keluar untuk menutup akun kita. Dipojok kiri bawah berisi fitur home, chatrooms, Announcements, games, share this page, dan scrool to top sedangkan dipojok kanan bawah berisi chat untuk percakapan antar pengguna salingsapa.com. Semua itu merupakan fitur-fitur yang ada di salingsapa.com.

Aturan anggota member maupun pengguna di salingsapa.com adalah harus tunduk pada hukum dan peraturan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia, serta etika masyarakat. Dan tidak menyebarkan materi atau apapun itu antara lain yang bersifat melanggar atau menyalahi hak orang lain, melanggar norma kesusilaan, menyinggung antar suku, ras, agama, dan antar golongan (SARA), mengandung virus atau kode komputer lainnya, serta melanggar kebijakan penggunaan, petunjuk atau kebijakan lainnya yang ada pada salingsapa.com.

website : www.salingsapa.com



0 komentar:

Posting Komentar